Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

Syarat-Syarat Laporan Keuangan

Syarat-Syarat Laporan Keuangan - Menurut standar akuntansi keuangan (SAK), ada empat karakteristik pokok yang membuat laporan keuangan berguna bagi para pemakainya. Yang dimaksudkan karakteristik pokok itu bersifat kualitatif, yakni dapat dipahami, relevan, keandalan, dan dapat diperbandingkan.



1. Dapat Dipahami ( Understandability )

Pernahkah Anda membaca prospektus suatu perusahaan? Sebuah prospektus perusahaan ditujukan untuk berbagai pihak, dengan harapan berbagai pihak memahami kondisi keuangan perusahaan sehingga menimbulkan keputusan keuangan. Misalnya seperti membeli saham atau obligasi perusahaan tersebut. Maka, sebuah informasi akuntansi mempunyai syarat dapat dipahami maksudnya, sebuah informasi yang disajikan harus dapat dipahami oleh berbagai pihak yang memakai laporan keuangan. Lalu asumsi yang digunakan, yakni pemakai memiliki pengetahuan yang memadai tentang aktivitas ekonomi dan bisnis, serta akuntansi serta kemauan untuk mempelajari informasi dengan ketekunan yang wajar.

2. Relevan ( Relevance )

Informasi akuntansi harus sesuai dengan kondisi sebenarnya perusahaan saat itu. Misalnya, ketika terjadi penilaian oleh akuntan publik apakah perusahaan masih bisa eksis atau tidak, maka perusahaan harus memberikan data yang sebenarnya saat itu. Maksudnya,sebuah informasi yang disajikan harus relevan dengan kebutuhan para pemakai dalam mengambil keputusan ekonomi terhadap perusahaan, apakah yang bersifat menilai (evaluate) maupun meramalkan (predictive).

3. Keandalan ( Reliability )

Maksudnya, sebuah informasi yang disajikan harus bebas dari pengertian yang menyesatkan, atau kesalahan yang material, serta dapat diandalkan sebagai perjanjian yang jujur dari keharusannya disajikan (realiable).

4. Dapat Diperbandingkan ( Comparability )

Karena informasi yang disajikan harus dapat diperbandingkan oleh pemakai dari waktu ke waktu. Lalu apakah tujuannya? Agar dapat diketahui kecenderungan (trend) posisi dan kinerja keuangan perusahaan. Maka pemakai pun harus dapat membandingkan laporan keuangan antarperusahaan.

Demikian adalah Syarat-Syarat Laporan Keuangan, simak juga berbagai artikel tentang Sistem Informasi Akuntansi lainnya di blog ini. Terima kasih.

Komentar